OPERASI PENGAWASAN ORANG ASING "JAGRATARA OLEH KANTOR IMIGRASI KELAS I NON TPI BOGOR"








 OPERASI PENGAWASAN ORANG ASING “JAGRATARA OLEH KANTOR IMIGRASI KELAS I NON TPI BOGOR"

BogorFaktual.com

BOGOR.

Sehubungan dengan Keputusan Direktur Jenderal Imigrasi Nomor: IMI- 1433.KP.04.01 TAHUN 2023 tanggal 18 Desember 2023 tentang Pembentukan Satuan Tugas Operasi “JAGRATARA” Pengawasan Orang Asing Secara Serentak pada Seluruh Wilayah Kerja Unit Pelaksana Teknis Imigrasi di Seluruh Indonesia padaTahun 2023.  Bahwatelah dilaksanakan Operasi “JAGRATARA” pada tanggal 27 s.d. 28 Desember  2023 dalam  rangka  rangkaian  pengamanan  Natal  2023 dan Tahun  Baru  2024  (Nataru 2023/2024) serta Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024;



Ruhyat  M. Tholib,  Kepala  Kantor  Imigrasi  Kelas  I  Non  TPI  Bogor  menyampaikan jika “operasi  ini melibatkan 29 petugasuntuk melakukan pengamanan, pengawasanterhadap Orang Asingdi wilayah kerja  Kantor  Imigrasi  Bogor,  dan  penegakkan  hukum  keimigrasian  sesuai  ketentuan  perundang- undangan. Dasar hukum operasiyaitu Undang-Undang Keimigrasian dan peraturanterkait.”



Kantor Imigrasi kelas I Non TPI Bogortelah melakukan operasidi wilayah Kota dan Kabupaten Bogor. Hasilnya Pada tanggal 28 Desember 2023, Operasidilakukandidualokasi, yaitu Baranangsiang , Bogor Timur, Kota Bogor, petugas berhasil mengamankan satu Warga Negara Asing (WNA) asal India dengan dugaan  pelanggaran  keimigrasian  berupa  overstay.  Sementara  di  Desa  Tugu  Selatan,  Kabupaten Bogor, petugas mengamankan 7 (tujuh) WNA asal Nigeria yang juga diduga melakukan overstay dan adayangtidak memilikipaspor.



Adapun dari total 8 (delapan) orang asing yang berhasil diamankan dalam operasi tersebut hanya 3 (tiga) orangyang memilikipaspor danyang lainnya ditemukantanpadokumen. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor menyampaikanjika 3 (tiga) orangyang memilikipasportersebut, 2 (dua) orang diantaranya adalah warga negara Nigeria dan satu orang warga negara India.  Dari 3 (tiga) paspor tersebut dua masih berlaku dansatu paspor milik warga negara Nigeria sudah habis berlaku.  Saat ini keseluruhan   sudah    diamankan    dan    diberikan   tindakan    administratif    keimigrasian    berupa pendetensiandi ruang detensi Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor.



Hasil operasi ini telah dilaporkan  kepada  Direktur Jenderal imigrasi  up.  Direktur  Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, dan akan dilakukan pemeriksaan lebih mendalam terhadap orang asing yang diamankan tersebut. Kegiatan operasi berjalan lancar, namun masyarakatdihimbau untuk tetap waspada terhadap  potensi gangguan Orang Asing yang dapat  mengganggu ketertiban  umum dan melanggar peraturan yang berlaku khususnya di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor.