Sosialisasi Pencegahan Penipuan Berbasis Online Dalam Permohonan Paspor Melalui Aplikasi MPaspor.

Sosialisasi Pencegahan Penipuan Berbasis Online Dalam Permohonan Paspor Melalui Aplikasi MPaspor.





Bogor Faktual.com

BOGOR, - Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor lakukan sosialisasi pencegahan dari penipuan berbasis online dalam permohonan paspor melalui aplikasi M-PASPOR. Adapun  sosialisasi itu di gelar Dikantor Imigrasi lantai II dan dihadiri oleh Dirjen Kemenkumham Imam Prawira Subkoor Seksi verifikasi dokumen wilayah III, pembina teknis perbendadaharaan Negara (KPPN) Mujiyati dan Assistant Vice President Bank BNI cabang Kota Bogor.


Dari modus penipuan, Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Bogor Ruhyat M Tholib  menjelaskan, setiap ada korban pastinya Kantor Imigrasi Bogor akan mensosialisasikan, seperti menyebar di medsos bahwa ada yang mengatasnamakan admin kantor imigrasi. 


"Akun yang dipergunakan oleh oknum  Sampai saat ini sudah ada sepuluh yang sudah saya tangani, memang kebanyakan mereka yang sudah menyetor uang ke nomer rekening, uang dipinta sama pemilik oknum akun tersebut," ungkap Ruhyat M Tholib kepada wartawan, Jum'at, 24 Novembet 2023.


Terlebih, Kakanim Bogor juga menambahkan, ketika korban mengadu ke imigrasi,  "korban tetap kita layani, tatapi untuk pembayaran tidak bisa kita ganti, karena kelalaian dari masyarakat itu sendiri," imbuhnya 


"Penipuan yang mangatasnamakan Imigrasi, kami mencegah dan antisipasi, saat ini kami siarkan ke medsos-medsos resmi kami," tegasnya.


Sementara itu, Dirjen Kemenkumham Subkoor Seksi verifikasi dokumen wilayah III Imam Prawira menyebut, sebenarnya memang aplikasi paspor ini untuk di gunakan masyarakat agar tidak teriming-iming oleh penipuan berbasis online, 


"atas penipuan itu, jadi ada yang langsung menggunakan Washap ataupun menghubungi pemohon paspor dengan nomer pribadi," bebernya.


Untuk menghindari penipuan, Imam juga menjelaskan, maka itu menggunakan aplikasi paspor.


"Ya tentunya aplikasi paspor ini mengamankan si pemohon untuk memudahkan pemohon seperti pergantian permohonan baru atau pergantian paspor," pungkasnya.(myus)